Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Daftar Google Play Console dan Publikasihan Aplikasi Androidmu

Kali ini kita akan berikan tutorial mudah cara mendaftar dan membuat akun di Google Console Play atau Google Play Console. Caranya sangatlah mudah dan bisa dilakukan oleh siapapun termasuk yang pemula karena hanya perlu mengisikan data-data yang diminta saja.

Agar akun Google Play Console kamu bisa di buat dengan baik maka setidaknya akan ada dua tahapan yang dilakui yakni tahapan proses pendaftaran dengan identitas yang diminta dan tahapan proses verifikasi.

Oh ya, untuk memiliki akun Google Play Console maka kamu harus berlangganan, artinya akan ada uang yang harus kamu bayar untuk bisa menikmati segudang fasilitas dari google. Tentu besaran uang tersebut relatif ya, tapi bagi saya tentu sangatlah terjangkau. 

Mendaftar akun Google Play Console maka kamu harus membayar sebesar 25 dollar atau setara dengan Rp.356.000 saja untuk kurs dollar ke rupiah saat ini (Februari 2022).

google console play

Apa Itu Google Play Console?

Kamu yang suka membuat aplikasi berbasis andrid dan ingin mempublikasikannya di Google Play maka kamu wajib memiliki akun Google Play Console.

Kita tahu kalau Google Play merupakan marketplace aplikasi berbasis android terbesar didunia. Ada banyak sekali aplikasi yang terpajang di Google Play dengan beragam tema dan tujuan, mulai dari aplikasi game baik offline maupun online, aplikasi kamera untuk hiburan hingga aplikasi sosial media.

Dengan memiliki akun Google Play Console maka kamu bisa mempublikasikan aplikasi android yang kamu bikin dan memasarkannya ke seluruh dunia.

Di kalangan para developer aplikasi nama Google Console Play sendiri memiliki beberapa sebutan seperti Google Developer (GoDev), Google Play Developer dan Google Play Developer Console.

Daftar Akun Google Play Console

Lantas Bagaimana cara memndaftar akun Google Play Console agar saya sebagai developer android bisa segera memajang aplikasi yang saya buat dan memasarkannya di Google Playstore? Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Langkah pertama silahkan akses https://play.google.com/apps/publish dari laman browser yang sering digunakan. Kamu bisa login menggunakan akun gmail yang sering digunakan.
  2. Setelah login berhasil maka akan diarahkan kehalaman muka dimana kamu harus melengkapi semua yang diminta oleh Google Play Console. Centang pada Checkbox "Setuju Perjanjian Developer", artinya kamu sudah setuju dengan ketentuan dan persyaratan yang berlaku di Google Play Console. Setelah itu silahkan klik "Lanjutkan ke Pembayaran".
  3. Pada halaman pembayaran maka kamu akan diminta memilih metode pembayaran yakni menggunakan kartu kredit. Silahkan isikan kartu kredit kamu serta tiga angka CVC. Setelah semuanya terisi dengan benar maka kamu tinggal klik "BELI". Jika pembayaran selesai dan sukses maka akan muncul halaman "Pembayaran Anda Selesai", kemudian klik "Lanjutkan". Kamu jug akan mendapatkan email pembayaran yang bisa kamu cek di email kamu.
  4. Selanjutkan kamu akan diarahkan ke halaman "LANJUTKAN PENDAFTARAN", maka akan muncul form halaman pengisian yang harus kamu isi.
  5. Kolom isian dengan tanda bintang [*] artinya wajib diisi, silahkan isi sesuai dengan keinginan kamu seperti Nama Pengembang, Alamat Email, Situs Web dan Nomor Telepon. Jika semuanya sudah terisi silahkan klik "SELESAIKAN PENDAFTARAN".
  6. Setelah selesai pada poin ke-5 diatas maka kamu akan diarahkan kehalaman selanjutnya dimana kamu wajib melakukan verifikasi identitas yakni menggunakan foto KTP, SIM atau Paspor.

Proses Verifikasi Akun Google Play Console

Pada halaman nomor 6 diatas akan tertera link untuk melakukan verifikasi id (identitas). Silahkan kamu klik saja namun sebelum ya persiapkan terleih dahulu foto KTP, SIM atau Pasport.

Setelah itu akan muncul halaman verifikasi untuk mengupload foto KTP, SIM atau Pasport. Klik pada tombol "Unggah" kemudian pilih file foto KTP yang sudah kamu siapkan, seteah itu klik "KIRIM". Proses verifikasi membutuhkan waktu sehingga notifikasi yang muncul adalah "Verifikasi Sedang Berlangsung", kamu tinggal klik "OK" saja.

Biasanya proses verifikasi di Google Play Console akan membutuhkan waktu satu hingga dua hari kerja, silahkan tunggu saja sampai notifikasi verifikasi akun Google Console Play kamu berhasil.

2 Hari Kemudian

Jika verifikasi identitas kamu berhasil dan akun kamu keterima oleh Google Console Play maka akan ada email pemberitahuan yang isinya menyatakan kamu sudah bisa mempublish aplikasi di Google Play. Kamu juga bisa membuka akun Google Console Play kamu dan akan menemukan notifikasi "Verifikasi ID berhasil".

Proses verifikasi juga terkadang gagal atau tidak berhasil, hal itu biasanya di sebabkan oleh beberapa hal diantaranya adalah:

Foto KTP, SIM atau Pasport kamu tidak jelas dan buram, maka kamu harus memfoto ulang dengan lebih jelas dan mulai mengupload kembali untuk melakukan verifikasi ID Googla Play Console.

Identitas kamu pernah melakukan pelanggaran sebelumnya, artinya kamu pernah membuat akun Google Play Console sebelumnya dan melakukan pelanggaran hingga di banned, identitas kamu sudah ada di Google sehingga ketika melakukan pendaftaran ulang kemungkinan besar pada saat verifikasi identitas akan di tolak.

Kesimpulan Google Play Console

Bagaimana sangat mudah bukan? Bagi kamu yang gemar membuat aplikasi android tentu akan sia-sia jika kamu tidak memiliki akun google play console karena kamu tidak bisa mempublikasikannya di Google Play sebagai salah satu marketplace aplikasi android terbesar didunia. Ada baiknya kamu sisihkan uang sedikit untuk membuat akun Google Play Console, semoga artikel ini bisa memberikan manfaat untuk sobat sekalian.

Posting Komentar untuk "Cara Daftar Google Play Console dan Publikasihan Aplikasi Androidmu"