Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Layanan Google Play Terhenti? Begini Cara Mengatasinya

Smartphone yang berbasis android nampaknya tidak bisa lepas dari layanan Google, bisa dikatakan semua ponsel berbasis android mau tidak mau harus menggunakan layanan Google, jika layanan Google tersebut bermasalah, maka bisa jadi kinerja ponsel akan bermasalah pula, salah satu yang kadang terjadi adalah layanan Google Play terhenti yang membuat kita merasa terganggu. Lantas apa sebab dan bagaimana mengatasinya?

layanan google play terhenti

Jika layanan Google Play terhenti maka biasanya secara rutin akan muncul peringatan pada layar ponsel yang membuat kita sangat terganggu, kita menjadi tidak bisa leluasa menggunakan smartphone karena mengalami gangguan fungsi. Selain itu sudah pasti semua aplikasi yang sudah kita instal di smartphone tidak akan bisa dilakukan update.

Banyak sekali aplikasi yang memang sudah terhubung dengan Google Play, maka pastilah aplikasi-aplikasi tersebut akan tidak berfungsi dengan baik lantaran layanan Google Play terhenti atau bermasalah.

Permasalahan ini memang kadang terjadi baik pada ponsel-ponsel android seri lama maupun yang baru, kegagalan sistem menjadi penyebabnya dan cara mengatasinya juga cukup lumayan rumit, namun kamu bisa mencoba beberapa cara dibawah ini.

Cara Mengatasi Layanan Google Play Terhenti

Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan jika layanan Google Play terhenti, silahkan dicoba satu persatu.

1. Muat Ulang

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan cara memuat ulang ponsel kamu. Caranya cukup mudah karena kamu hanya perlu menekan tombol Power beberapa detik hingga ponsel kamu benar-benar mati. Setelah mati baru kamu tekan lagi tombol power untuk menyalakan kembali ponsel kamu.

Seperti diketahui merestart ulang atau memuat ulang smartphone bisa menyelesaikan berbagai permasalahan termasuk layanan Google Play terhenti, Kamu bisa mencoba cara ini pertama kali jika mengalami permasalahan tersebut.

2. Membersihan Data dan Cache

Langkah selanjutnya adalah membersikan data dan cache, terkadang kita lupa cache atau file sampah dan lain sebagainya tidak dihapus sehingga menumpuk dan membuat ponsel terasa berat, kinerja smartphone menjadi terganggu dan bisa saja layanan Google Play juga terganggu, maka dari itu kamu perlu membersihkan data cache.

  1. Buka pengaturan "Settings"
  2. Pilih "Apps" atau "App Management"
  3. Pilih "Google Play Service"
  4. Pilih "Storage"
  5. Pilih "Clear Cache"
  6. Atau kamu bisa pilih "Manage Storage" dan "Clear All Data"

Cara ini bisa dikatakan cara paling ampuh untuk mengatasi berbagai macam error pada smartphone termasuk Layanan Google Play terhenti.Berkas yang tidak terpakai dan menumpuk hingga ukurannya besar memang kerap membuat kinerja ponsel terganggu.

3. Menghapus Pembaruan Layanan

Berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan menghapus pembaruan layanan. Cara-caranya sebagai berikut:

  1. Buka "Settings"
  2. Pilih  "Apps" atau "App management"
  3. Pilih "Google Play Services"
  4. Pilih Titik Tiga di pojok atau tombol "More Options"
  5. Selanjutnya tinggal KLIK "Uninstall updates" dan "OK"

Cara lainnya adalah kamu bisa juga mengembalikan aplikasi Google Play ke versi lawas karena terkadang pada pengembangan juga terdapat bug yang membuat layanan Google Play terhenti atau error lainnya.

4. Updare Sistem Operasi

Berikutnya kamu bisa melakukan update pada sistem operasi ponsel, caranya masuk ke "Settings" kemudian pilih "Software Update". Jika tersedia versi terbaru kamu tinggal unduh dan pasang pembaruan.

Terkadang spesifikasi smartphone kita ternyata tidak kompartible dengan sistem operasi android versi terbaru sehingga sering kali membuat layanan Google Play terhenti. Misal di smartphone kita muncul notifikasi untuk update OS, namun karena memori hingga prosessor yang masih kurang memadai ketika kita paksakan untuk update maka ponsel akan menjadi lambat, sering error termasuk layanan Google Play terhenti.

5. Factory Reset

Factory Reset bisa menjadi solusi terakhir mengatasi layanan Google Play terhenti atau masalah lainnya. Nantinya ponsel akan di kembalikan ke versi pabrik atau sedia kala. Caraya dari halaman "Settings" kamu buka bagian "Factory Reset" selanjutnya "Erase all data" atau "Reset".

Kesimpulan Layanan Google Play Terhenti

Itulah beberapa cara mengatasi layanan Google Play terhenti, kamu bisa mencoba beberapa cara diatas sebelum memutuskan melakukan factory reset, semoga artikel ini memberikan manfaat untuk kita semua.

Posting Komentar untuk "Layanan Google Play Terhenti? Begini Cara Mengatasinya"