Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menggunakan Google Meet Android

Google Meet Android - Sekarang ini dimana jamannya kita rapat tidak harus lagi berangkat ke kantor, atau sekolah juga dilakukan secara daring atau online, semuanya akibat dari pandemi yang tidak kunjung usai. 

Mau tidak mau dan suka tidak suka kita harus mulai terbiasa bertatap muka secara virtual, tidak lagi mendengar keriuhan bersosialisasi di sekolah atau di tempat kerja tetapi semuanya terasa membosankan karena kita hanya harus bertatap muka lewat layar HP android atau laptop.

google meet android

Banyak sekali aplikasi yang digunakan untuk melakukan video conference, selain facebook messenger, zoom ataupun google meet android dengan memanfaatkan akun gmail. Nah kali ini kita akan berikan tutorial cara menggunakan Google Meet Android secara detail agar mudah dipraktekan.

Google Meet Android atau Google Hangouts Meet adalah aplikasi resmi Google yang cukup populer untuk melakukan video conference yang sempurna. Aplikasi ini ada yang versi gratis dan juga berbayar.

Tentus aja versi berbayar akan lebih bisa memenuhi kebutuhan video conference kamu. Versi gratis hanya bisa dilakukan selama 60 menit saja dalam satu room dan itupun dengan peserta terbatas hanya 100 orang. Namun untuk versi berbayar kamu bisa melakukan video conference semaunya tanpa batas waktu.

Aplikasi Google Meet ini selain bisa digunakan di Google Meet Android atau di ponsel-ponsel Android tapi juga bisa digunakan di iPhone. Kamu juga bisa menggunakannya di PC atau Laptop dengan mengakses halaman resmi Google Meet. Nah berikut ini cara menggunakan Google Meet Android.

Cara Menggunakan Google Meet Android

Berikut ini langkah-langkah mudah menggunakan aplikasi Google Meet Android di HP ataupun iPhone. Silahkan ikuti panduannya.

1. Download Google Meet Android atau iPhone

Pada dasarnya Google Meet merupakan sebuah aplikasi yang bisa di instal di ponsel. Namun juga kamu bisa menggunakannya di Laptop atau PC dengan mengakses halaman resmi Google Meet.

Bagi pengguna ponsel maka kamu perlu mendownload Google Meet Android di Google Playstore atau di Apple Store terlebih dahulu, kemudian menginstalnya di ponsel kamu.

2. Daftar Google Meet Android Sign Up dan Sign In

Setelah diinstal di ponsel kamu, maka selanjutnya adalah login menggunakan akun gmail kamu. Secara otomatis akan sikron dengan akun gmail di ponsel kamu atau kamu juga bisa sign in menggunakan akun baru.

3. Pilihan Meeting

Cara menggunakan aplikasi Google Meet Android atau di ponsel iPhone sangatlah mudah, silahkan buka aplikasinya kemudian pilih tombol "+" yang letaknya di pojok bawah kanan. Kemudian kamu pilih "NEW VIDEO CALL"maka secara otomatis kamu sudah menjadi host untuk video conference yang kamu lakukan.

4. Menambahka Peserta

Sebagai sebuah aplikasi meeting maka kamu bisa menambahkan peserta ke room yang sudah kamu buat. Caranya cukup mudah yakni bisa menghubungannya dengan email atau dengan nomor HP peserta. Jika kamu ingin bergabung di meeting orang lain maka kamu bisa melalui link yang diberikan dari orang lain tersebut beserta passwordnya.

Cara Memulai Google Meet Android

Setelah semua settingan awal selesai dilakukan maka saatnya kamu memulai meeting dengan peserta lainnya, caranya cukup mudah berikut ini penjelasannya.

1. Klik Join Now atau Present

Jika kamu bertindak sebagai host maka kamu bisa memilih present dengan mengundang peserta lain dan memulai meeting. Kamu hanya perlu membagikan link room kamu beserta passwordnya ke peserta lain yang kamu inginkan.

Sementara menu Join Now adalah untuk bergabung dengan room yang sudah di buat dan sedang berlangsung. Jika sudah bergabung dalam room maka kamu bia mengikuti meeting serta melakukan percakapan secara langsung.

2. Bagikan Link Room

Jika kamu bertindak sebagai host atau pembuat room meeting maka kamu harus mengundang peserta lain masuk ke room kamu dengan cara membagikan link meeting beserta passwordnya ke calon peserta kamu.

Kelebihan dan Kekurangan Google Meet Android

Kelebihan

  • Dalam Room bisa menampung hingga 250 peserta
  • Terdapat fitur Video dan Audio Call gratis
  • Terhubung dengan akun G-Suite atau akun Google
  • Melakukan meeting secara realtime
  • Bisa membagikan layar dengan mudah dan presentasi
  • Google menjamin privasi setiap pengguna

Kekurangan 

  • Saat merekam biasanya meeting text akan hilang
  • Perekaman terbatas
  • Aplikasi yang berbayar meskipun ada versi gratisnya

Kesimpulan Google Meet Android

Nah itulah sekilas mengenai Google Meet Android, kamu bisa menggunakan aplikasi ini untuk melakukan video conference, meski berbayar namun fitur yang diberikannya sangat bermanfaat untuk menunjang aktivitas meeting kamu. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.

Posting Komentar untuk "Cara Menggunakan Google Meet Android"