Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Hitung Biaya Asuransi Mobil dan Faktor Pendukung

Artikel kali ini akan memberikan informasi gambaran biaya asuransi mobil serta bagaimana simulasinya. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Meski banyak yang memiliki mobil atau kendaraan roda empat, namun tidak banyak dari mereka mengerti akan pentingnya sebuah asuransi mobil. Asuransi ini selain memberikan perlindungan maksimal terhadap kendaraan kita, juga menjadi jaminan dari sisi finansial.

Bayangkan saja kita tidak tahu kapan akan terjadi kecelakaan atau risiko kerusakan mobil hingga kehilangan. Jika kita tidak memiliki asuransi mobil maka sudah pasti kita akan mengalami kerugian besar dari risiko tersebut.

Sementara jika kita memiliki asuransi mobil, maka semua risiko kerusakan baik kecil, menengah hingga besar, hingga kehilangan kendaraan kita, maka semuanya akan ditanggung olejh perusahaan asuransi mobil.

Hanya saja yang selalu menjadi pertimbangan kita sebagai pemilik mobil adalah mengenai besaran uang bulanan yang harus dibayarkan untuk asuransi mobil kita. Kita masih bingung dengan besaran uang serta manfaat yang akan kita dapatkan, maka kali ini kita akan bahas mengenai biaya asuransi mobil serta simulasinya.

Oh ya, jika kamu hendak membeli sebuah polis asuransi mobil dan bingung akan memilih perusahaan asuransi yang mana, lantaran di Indonesia cukup banyak sekali perusahaan asuransi mobil. Nah silahkan simak artikel sebelumnya mengenai Daftar Aplikasi Asuransi Mobil Terbaik di Indonesia.

Faktor Yang Mempengaruhi Biaya Asuransi Mobil Bulanan

Setiap perusahaan pasti memiliki patokan tersendiri mengenai besaran biaya asuransi mobil atau premi asuransi setiap bulannya. Kita sebagai konsumen tentu ingin memiliki polis asuransi mobil terbaik dengan segudang manfaat namun memiliki premi yang ringan.

Nah sebenarnya faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi premi asuransi mobil? Berikut ini ulasannya.

1. Jenis Asuransi Mobil

Setidaknya di Indonesia kita mengenal dua jenis asuransi mobil yakni TLO (Total Loss Only) dan All Risk (Semua Risiko). Keduanya memiliki manfaat yang berbeda.

Premi atau biaya asuransi mobil yang harus dibayarkan setiap tahunnya memang berbeda dari kedua jenis tersebut. Meski terbilang ada yang cukup besar, namun sebenarnya nilai dan manfaatnya cukup sebanding.

A. Asuransi TLO (Total Loss Only)

Adalah jenis asuransi yang memberikan perlindungan dari kehilangan mobil hingga kerusakan mobil hingga 75 persen lebih dari nilai mobil saat itu.

Jika ternyata nilai kerusakannya masih dibawah 75 persen dari nilai mobil sesaat sebelum kejadian, maka asuransi TLO tidak bisa di proses.

B. Asuransi Mobil All Risk

Jenis ini memiliki manfaat yang lebih besar yakni menanggung segala jenis kerusakan baik kecil semisal bared-bared, sedang hingga kerusakan berat, juka kehilangan akibat pencurian. Tentu saja manfaat yang lebih luas ini sebanding dengan premi yang harus dibayarkan setiap tahunnya.

2. Perusahaan Asuransi Mobil

Biaya asuransi mobil atau premi yang harus dibayar setiap bulannya memang berbeda-beda setiap perusahaan. Tentu saja harga yang ditawarkan bisa saja lebih besar dibanding perusahaan lainnya, hanya saja pelayanan dan manfaat yang akan diterima lebih besar pula.

Jadi perusahaan menawarkan manfaat ekstra bagi nasabahnya dengan nilai premi yang sebenarnya tidak akan jauh berbeda dibanding perusahaan lainnya.

3. Durasi Berkendara

Beberapa perusahaan asuransi mobil menerapkan perhitungan ini dengan memasukan durasi berkendara. Semisal kendaraan yang aktif digunakan untuk kepentingan operasional, maka kendaraan tersebut memiliki durasi berkendara yang lebih lama, artinya akan terjadi penurunan performa mesin hingga komponen-komponen lainnya.

4. Wilayah Tempat Tinggal

Perusahaan asuransi mobil juga menerapkan sistem zonasi, dimana kendaraan yang berada di wilayah padat, maka nilai biaya asuransi mobil yang harus dibayar biasanya akan lebih mahal. Berbeda dengan wilayah yang sepi atau biasa saja.

5. Jenis, Merek dan Harga Mobil

Mobil dengan merek dan harga yang mahal, atau semakin mewah mobil tersebut, semakin mahal harganya, maka premi atau biaya asuransi mobilnya akan semakin mahal. Juga usia kendaraan memperngaruhi penentuan besaran premi asuransi mobil yang harus dibayar.

Akhir Kata

Itulah sekilas mengenai biaya asuransi mobil atau premi yang harus dibayarkan jika kamu tergabung dalam asuransi mobil. Faktor-faktor diatas memang turut mempengaruhi harga premi asuransi. Smeoga artikel ini memberikan penambahan wawasan untuk kita semua.

Posting Komentar untuk "Cara Hitung Biaya Asuransi Mobil dan Faktor Pendukung"